Dangkal
dalamnya ketrampilan melafal Amituofo yang dimiliki, tergantung pada realisasi
masing-masing terhadap sepatah Amituofo ---- Melafal Amituofo menjadikan jasa
kebajikan Buddha sebagai jasa kebajikan sendiri, akar kebajikan dan berkah
kebajikan melafal Amituofo sama dengan Buddha Amitabha.
Bagian 2
– Habis
Praktisi yang
yakin sepenuhnya pada melafal Amituofo adalah orang yang “menjadikan jasa
kebajikan Buddha Amitabha sebagai jasa kebajikan sendiri”, mana mungkin akan
mengabaikan Amituofo dan kemudian melatih metode lain. Coba pikirkan, praktisi
ini mana mungkin mengabaikan Amituofo dan memilih khayalan? Maka itu, praktisi
yang memahami nilai dari melafal Amituofo, dengan sendirinya selain melafal
Amituofo takkan mendambakan lagi hal lainnya, takkan sembarangan berpikir. Coba
pikirkan, orang yang mengetahui nilai dari berlian, mana mungkin takkan
mengutip berlian dan malah mengutip sampah!
Ada praktisi
yang menganggap bahwa dia sudah memahami kalimat “menjadikan jasa kebajikan
Buddha Amitabha sebagai jasa kebajikan sendiri”, tetapi kenyataannya
terhadap masalah sepele di dunia saha, ketenaran dan keuntungan masih begitu
mempedulikannya, ini namanya belum memahami kalimat ini, belum tahu akan nilai
melafal Amituofo itu. Hanya mendengar kalimat tersebut tetapi masih belum yakin
benar.
Praktisi
sejati yang “menjadikan jasa kebajikan Buddha Amitabha menjadi jasa kebajikan
sendiri”, keyakinannya telah mendalam, dengan sendirinya akan melafal Amituofo,
dengan sendirinya kekuatannya akan menjadi besar, keseluruhan hatinya adalah
Hati Buddha, mengakhiri tumimbal lahir.
Dengan
keyakinan dan tekad sedemikian melafal Amituofo, ketrampilannya jadi mendalam,
praktisi yang dapat merealisasi sepatah Amituofo “menjadikan jasa kebajikan
Buddha Amitabha sebagai jasa kebajikan sendiri”, begitu dia melafal Amituofo
maka kekuatan jasa kebajikannya akan menjadi besar hingga sama dengan Buddha.
Bagi praktisi
yang dapat percaya pada ucapan Master Ou Yi bahwa “Akar kebajikan dan jasa
kebajikan melafal Amituofo adalah sama dengan Buddha”, dengan keyakinan
mendalam sedemikian melafal Amituofo, dengan sendirinya pikiran tak tergoyahkan,
maka ketrampilan melafal Amituofo juga mendalam.
Sama halnya
pula dengan praktisi yang tidak memiliki keyakinan mendalam pada kekuatan
Buddha, dan juga curiga pada akar kebajikan sendiri, selalu merasa melafal
Amituofo tidak memiliki banyak kegunaan, lebih baik mengandalkan diri sendiri
yang memikul banyak beban hutang karma ini, atau diri sendiri harus melakukan
ini dan itu baru bisa! Ini seperti orang yang tidak mengenal kualitas barang,
dikasih berlian malah tidak berani menerimanya, juga tidak bisa dijualnya
dengan harga tinggi, paling tidak hanya bisa ditukar dengan sebutir bonbon, masih
bisa untuk dikunyah.
Dengan
pemahaman sedemikian maka kekuatan melafal Amituofo itu amat lemah. Melafal
Amituofo tanpa keyakinan, kekuatannya akan sangat lemah, tentu saja takkan bisa
menaklukan khayalan, pikiran tentu saja jadi goyah.
Maka itu
Upasaka Xia Lian-ju menjelaskan tahapan belajar untuk kita, yakni “memahami
dengan benar”, barulah dapat “membangkitkan keyakinan dengan mendalam”, dengan
keyakinan mendalam barulah dapat “memiliki tekad bulat”, dengan tekad bulat
barulah dapat “menfokuskan diri melafal Amituofo”.
Andaikata kebenaran
tidak dipahami dengan benar, melatih diri dengan sembarangan dan membabi buta,
keyakinan tidak teguh, tekad tidak bulat, pengamalan tidak terfokus, pikiran
jadi kalut setiap saat, mendadak mati pula, saat meninggal dunia pikiran masih
tetap saja kalut.
Petikan
Ceramah Master Dao Zheng : Penyelamatan Dari Klinik 24 Jam
持名功夫之深淺,看各人對這一句佛號的體認——念佛全攝佛功德成自功德,持名善根福德同佛
(二 – 完)
真的深信念佛是『全攝佛功德成自功德』的人,你想他怎麼肯把佛丟掉去搞別的嘛。您想,他怎麼肯把念頭拿去打別的妄想呢?所以,真的肯定念佛價值人,自然只要念佛,才不願意要別的,不願意亂想了。我們想,一個真正知道金剛鑽價值的人,怎麼會不撿金剛鑽,去撿什麼垃圾嘛!
請大家注意,大家不要以為自己已經聽說,已經知道念佛就是『全攝佛功德成自功德』了,其實對娑婆的小事呀、小名小利都很在乎的人,就是還不肯定這句話,還不肯定念佛的價值,聽說是聽說了,信是還沒有信哪。真正相信念佛是『全攝佛功德成自功德』的人,他的信心深,自然會肯念,念出來力量自然就大,可以全佛全心,一了百了。以這樣深的信願來持名,功夫就深,真正能夠體認持一句阿彌陀佛全攝佛功德成自功德的人,體認就是深,他一持名,功德力量就大,可以大到和佛一樣大。能夠相信蕅祖所說『持名善根福德同佛』的人,以這種深信的信念來念佛,自然心就不會亂,這持名的功夫就深。
同樣是念佛,對佛力不能深信、不了解,而且又對自己的善根有懷疑的人,總是覺得念佛不會多有用啊,還是要自己背很多債務啊,還是要自己再去怎樣怎樣才行啊!這,就好像不識貨的人,縱使送給他鑽石,他也不敢、也不能換來高價,頂多是去和人換一顆糖果,吃吃就算了。這樣的體認,持名的力量就非常的薄弱。沒有信心的持名,力量薄弱,當然就降伏不了妄念,心當然就亂。所以夏老居士為我們說明了修學的次第,他說『理明』才能夠『信深』,『信深』才會『願切』,『願切』才會『行專』。否則道理不明,常常就盲修瞎練,信不深、願不切,行也不專,心隨時都亂糟糟的,忽然間斷氣了,還是亂糟糟的。
節錄自 :道證法師 《永不休診的救度》